It’s about flowers

Ada begitu banyak lagu, puisi, novel, dan karya-karya lain yang diksinya berkaitan dengan bunga. Mulai dari Bunga dan Tembok (Widji Thukul), Bunga di Tepi Jalan (Sheila on 7), Flower in The Desert (Dewa 19), hingga Fading Flower (Yuna). Bunga mawar, malah kelewat laris digunakan. Mulai dari  Gammer Gurton’s Garland dengan sajak Valentine klisenya,The rose is red, the violet’s blue, The honey’s sweet, and so are you.”, The Name of The Rose karangan Umberto Eco hingga judul lagu La Vie En Rose milik Louis Armstrong.

Mencoba mengingat kembali persinggungan saya dengan bunga, barangkali saya menjadi lebih jatuh cinta pada tumbuhan ini setelah rajin berkunjung ke Covencove, salah satu kedai ekletik di Semarang yang selalu menggunakan bunga krisan sebagai dekorasi. Entah kenapa, bunga krisan yang selalu menemani saya menikmati kopi, taco, dan membaca buku selalu membawa rasa tenang, nyaman, damai, dan bahagia.

Setelah tiga minggu terakhir absen mengunjungi Covencove karena sedang magang di salah satu kantor penerbit indie di Jogja, saya menjadi rindu dengan bunga-bunga yang senantiasa menyambut saya. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli bunga dan menaruhnya di botol bekas kemasan minuman. Sama seperti yang dilakukan Covencove.

Padahal, jika diingat-ingat kembali, dulu saya begitu sok perkara bunga. Saya mendeklarasikan diri tidak menyukai bunga potong, melainkan bunga yang masih tertanam di pot. Bunga potong dan buket bunga saya anggap mencederai keindahan bunga itu sendiri. Sekarang, saya tahu kenapa seseorang bisa begitu riang hanya karena diberi setangkai mawar seharga lima ribu rupiah. Pun saya sangat menikmati menghirup aroma melati yang tumbuh di pagar kontrakan teman. Saya tidak peduli dengan permaknaan dari setiap jenis bunga. Asalkan saya senang, itu sudah cukup.

Leave a Reply

